Rekomendasi Film Fantasy Indonesia, Jamin Gak Bikin Bosan

The Machine Movie – Ketika rasa lelah menyapa, nonton film fantasy bisa menjadi obatnya. Terlebih, sekarang film Indonesia sudah sangat beragam dan semakin meluas hingga berbagai genre, tak terkecuali fantasi. Tidak hanya film luar negeri, film fantasi dalam negeri pun dapat mengobati rasa bosan dan membuat imajinasi semakin melambung. Lalu, apa itu film genre fantasi dan apa saja rekomendasi film fantasy Indonesia terbaik? Yuk simak pembahasan lengkapnya di sini.

Apa Itu Genre Film Fantasy?

Film genre fantasi adalah sebuah genre yang mengandung unsur-unsur yang tidak realistis, seperti sihir, makhluk mitologis, hingga kekuatan supernatural. Film dengan genre ini banyak mengambil latar cerita yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata.

Jika pada film luar negeri kamu bisa menemukan film fantasy populer seperti Harry Potter, The Lord of the Rings, Alice in Wonderland, maka pada film Indonesia pun ada yang beragam. Pada film Indonesia, penonton akan dibawa ke dunia baru yang menghibur dengan karakter-karakter yang unik. Genre ini biasanya digemari oleh penonton yang suka berimajinasi dan mencari pengalaman visual yang berbeda.

Manfaat Menonton Film Fantasy

Menonton film fantasy bukan hanya tentang melarikan diri dari kenyataan, tetapi juga membawa banyak manfaat positif untuk kesehatan mental dan perkembangan pribadi. Berikut adalah beberapa manfaat utama menonton film bergenre fantasy:

Mengembangkan Imajinasi

Film genre ini menampilkan dunia yang tidak nyata hingga karakter ajaib yang tidak realistis. Menonton film fantasi dapat membantu mengembangkan imajinasi dan kreativitas bagi penontonnya.

Mengurangi Stres

Menonton film fantasy juga dapat membantu mengurangi stres dan rasa cemas. Film ini menyuguhkan visual dan emosional yang menghibur, sehingga mengajak orang yang menontonnya untuk terbawa dalam dunia fantasi yang ajaib.

Memberi Inspirasi

Film fantasy juga mengandung pesan moral yang memberi inspirasi dan motivasi, terutama fantasi anak. Seperti film Virgo and the Sparklings memberikan insight tentang persahabatan dan kekuatan meraih mimpi.

Memperluas Pengetahuan

Beberapa film fantasy mengambil latar belakang sejarah atau mitologi. Hal ini tentunya dapat memperluas wawasan tentang sejarah dan budaya dari latar yang difilmkan.

Memberi Hiburan

Manfaat terakhir tentu saja menghibur. Adanya efek visual canggih dan plot kisah yang menarik bisa membawa penonton ke dunia yang berbeda dan memunculkan rasa bahagia.

Rekomendasi Film Fantasy Indonesia Terpopuler

Selain film genre fantasi sihir luar negeri, Indonesia juga memiliki beberapa film fantasi terpopuler yang bisa menemani kamu nonton bareng keluarga, sahabat, atau pasangan. Apa saja itu? Langsung simak pembahasan di bawah ini:

Sweet 20 (2017)

Sweet 20 adalah film fantasy Indonesia yang menceritakan tentang seorang wanita berusia 70 tahun yang mengalami kejadian aneh, di mana tiba-tiba ia berubah menjadi gadis remaja berusia 20 tahun. Perubahan ini terjadi karena sebelumnya ia bersedih karena mendengar kabar akan dikirimkan ke panti jompo oleh anaknya.

Setelah mengalami perubahan menjadi wanita muda, nenek yang diperankan oleh Niniek L. Karim ini merasa sangat bahagia karena bisa kembali ke masa muda. Ditambah, ia pun bisa mengejar cita-citanya dulu menjadi seorang penyanyi. Adapun, Tatjana Saphira memerankan karakter gadis muda sang nenek yang cantik dan centil.

Rumput Tetangga (2019)

Rumput Tetangga hadir sebagai film fantasi terbaik Indonesia selanjutnya. Di film ini, Titi Kamal tampil memerankan Kirana, seorang ibu rumah tangga yang merasa bosan dengan hidupnya dan ingin menjadi wanita karir.

Suatu waktu, Kirana mengalami kejadian aneh yang membuat jiwanya bisa berpindah ke badan orang lain. Arwahnya tiba-tiba berpindah ke badan seorang wanita karir yang sukses, menjadi bos besar dan memiliki puluhan karyawan. Situasi ini tentu saja membuatnya senang karena sesuai dengan keinginannya. Namun pada akhirnya merasa kecewa karena peristiwa yang terjadi setelahnya.

Akhirat: A Love Story (2021)

Film ini mengisahkan tentang hubungan asmara antara Timur dan Mentari yang tidak dapat bersatu akibat berbeda keyakinan. Hingga akhirnya, mereka berdua mengalami sebuah kecelakaan besar yang berujung koma. Dalam kondisi koma, arwah mereka bertemu di antara perbatasan dunia nyata dan akhirat.

Di dunia yang berbeda ini, cinta mereka berdua bisa bersatu, menjadi lebih bahagia karena tidak terhalang apapun untuk bisa saling mencintai. Namun kebahagiaan itu memberi mereka pilihan, apakah terus menetap di dunia tersebut atau kembali ke dunia nyata.

Tukar Tambah Nasib (2023)

Tukar Tambah Nasib menceritakan tentang kehidupan seorang karyawan mini market bernama Naya (Aghniny Haque) yang bosan dengan kehidupannya. Dia merasa kesal karena terlalu banyak masalah yang tidak ada ujungnya. Dalam keputus-asaan, Naya tergiur dengan sebuah toko misterius yang bisa merubah nasib seseorang.

Akhirnya Naya memutuskan untuk membuang nasib soalnya di toko Tukar Tambah Nasib. Setelah menukar nasibnya, hidup Naya berubah sangat drastis. Dia menjadi chef ternama, anak orang kaya, pengusaha sukses, hingga tanpa sengaja menjadi pembunuh bayaran.

Cinta Dua Masa (2023)

Cinta Dua Masa merupakan film fantasy Indonesia produksi Sinemaku Pictures, yang dibintangi Prilly Latuconsina dan Pradikta Wicaksono. Kisah berawal ketika dua anak muda yang sedang mengalami masalah serupa, yakni gagal dalam hal asmara dan memiliki keluarga broken home. Suatu ketika, mereka berdua menemukan sebuah toko jam ajaib yang membuat pengunjungnya bisa berkunjung ke masa lalu untuk memperbaiki yang hilang di masa depan.

Alma dan Langit, mereka berdua awalnya tidak percaya bahwa bisa berkunjung ke masa lalu. Namun perlahan, mereka memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bisa memperbaiki kisah asmaranya yang gagal dan mengembalikan keharmonisan keluarganya. Hingga akhirnya banyak hal terjadi pada mereka berdua dan mengubah pandangan hidup keduanya.

Virgo and the Sparklings (2023)

Film ini adalah seri ketiga dari Bumilangit Cinematic Universe (BCU), yang juga menjadi debut aktris Adhisty Zara sebagai superhero remaja bernama Riani alias Virgo. Virgo and the Sparklings mengisahkan kehidupan Riani, gadis remaja yang memiliki kekuatan super mampu melihat warna dari suara dan bunyi (sinestesia) serta mampu mengendalikan api.

Sambil belajar mengendalikan kekuatan super miliknya, Riani hidup seperti remaja pada umumnya yang berurusan dengan cinta, persahabatan, hingga persaingan bersama teman band-nya, Ussy dan Monica. Di tengah krisis personalnya sebagai remaja, ternyata kemampuan ajaibnya membawa tanggung jawab besar bagi kehidupan manusia.

Dear David (2023)

Dear David menyuguhkan kisah romantis dan fantasi remaja. Film ini hasil garapan sutradara Lucky Kuswandi, dan dibintangi oleh Shenina Cinanmon sebagai Laras, yang membuat karakter fiksi bernama David.

Film ini menceritakan kisah Laras, seorang remaja yang merupakan ketua OSIS SMA yang memiliki hobi menulis fan fiction. Laras terkenal sebagai anak yang berprestasi, namun dibalik itu ternyata Laras memiliki blog pribadi yang berisi cerita fantasi vulgar tentang dirinya dan David, teman satu sekolahnya. Hingga suatu waktu, blog fantasi itu bocor hingga gempar satu sekolah. Akhirnya, reputasi dan masa depan Laras menjadi taruhan.

Baca Juga : Film Horror Terbaik 2024, Tontonan Paling Menakutkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *