Daftar Pilihan Film Fantasi Indonesia yang Harus Ditonton

The Machine Movie – Genre fantasi memang bisa jadi salah satu film yang cocok untuk disaksikan, tapi memang jadi salah satu genre yang cukup jarang di Indonesia. Tapi sekalinya ada, film yang ditampilkan tetap akan menampilkan premis yang sangat unik. Sampai membuat masyarakat yang menontonnya terus berimajinasi.

Daftar Pilihan Film Fantasi Indonesia

Ceritanya mungkin terdengar mengada-gada dan diluar logika, tapi ceritanya selalu seru dan membuat penonton penasaran sampai akhir film. Bahkan tidak jarang juga banyak penonton yang merasakan hal sama atas cerita yang ada pada film. Berikut ini ada beberapa film fantasi Indonesia, tapi juga dipadukan dengan beberapa genre lainnya. Apa saja?

Akhirat: A Love Story

Film fantasi tapi juga dibalut dengan kisah romantis, Akhirat: A Love Story mengisahkan tentang pasangan yang berbeda agama. Tapi tetap berusaha untuk bisa bersama. Akhirat: A Love Story dimulai saat seorang pegawai atau karyawan akuntan ternama Timur, bertemu dan jatuh hati pada seorang perempuan. Ia adalah Mentari, sebagai seorang seniman dengan karakter jiwa bebas.

Walaupun harus menghadapi banyak perbedaan, keduanya terus saling mencintai dan yakin untuk tetap bisa bersama. Tiba suatu waktu, keduanya mengalami sebuah kecelakaan besar. Membuat Timur dan Mentari koma. Di alam berbeda, mereka bertemu dan menjelajahi ruang dunia akhirat yang berbeda juga. Keduanya ternyata bertemu dengan jiwa lain yang memiliki nasib sama. Dengan cerita film Akhirat: A Love Story, akankah mereka tetap bersama dan apakah mereka bisa kembali ke dunia?

Satria Dewa: Gatotkaca

Film laga yang rilis tahun 2022 dan disutradarai langsung oleh Habung Bramantyo. Satria Dewa: Gatotkaca menceritakan tentang karakter Yuda, merupakan karakter yang sulit menjalankan hidup. Dimana ia kehilangan pekerjaan, kemudian ibunya mengalami hilang ingatan. Agar bisa memenuhi kebutuhan hidupnya bersama dengan ibu, ia mencoba menjalani pekerjaan sebagai seorang juru foto. Salah satu projek pertamanya adalah menjadi juru foto untuk wisuda temannya, yakni Erlangga.

Tapi suatu ketika sang ibu beserta temannya tersebut menjadi salah satu korban pembunuhan. Yuda bersama dengan Agni, Dananjaya, Gege, Ibu Mripat bekerja sama untuk mencari siapa dalang dalam pembunuhan tersebut. Selama menjalankan misi dan melakukan usaha tersebut, Yuda merasa bahwa dirinya memiliki kemampuan misterius. Hingga pada akhirnya ia sadar, ia memiliki gen spesial dan juga membuat dirinya memiliki kekuatan super. Bahkan bisa melindungi orang yang dicintainya. Bagaimana kelanjutan dari Satria Dewa: Gatotkaca? Apakah Yuda mampu membongkar siapa dalang dibalik peristiwa pembunuhan ibunya?

Dear David

Lagi dengan cerita fantasi dan dibalut dengan kisah romantis, Dear David mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Laras. Ia sangat berprestasi di sekolahnya, bahkan ia juga sangat aktif memiliki kegiatan diberbagai organisasi. Satu diantaranya adalah Laras menjadi ketua OSIS di sekolahnya. Tapi Laras tidak memiliki latar belakang sebagai orang kaya, bahkan keluarganya bisa dibilang kekurangan. Walaupun demikian, kondisi perekonomian keluarga yang kurang tersebut tidak membuat Laras menyerah begitu saja.

Ia sering kali berusaha keras untuk bisa mendapatkan beasiswa sampai lulus kuliah. Hal tersebut membuat Laras sebisa mungkin terus menjaga citra serta nama baiknya, dan tidak berbuat aneh. Kemampuannya dalam menjaga citra tersebut, membuat tidak ada yang tahu bahwa sebenarnya ia memiliki hati kepada David. Sebagai teman satu SMAnya, dengan memiliki kepopuleran sebagai salah satu pemain sepak bola. Perasaan tersebut tidak pernah disampaikan Laras secara langsung, ia sendiri hanya bisa menuliskan rasa cintanya melalui cerita fantasi. Cerita fantasi tersebut ia tulis di blog pribadinya, dan bahkan dengan menggunakan nama samaran. Cerita tersebut dipenuhi dengan gairah terhadap David.

Tapi ternyata lama kelamaan cerita tersebut terbongkar, tulisannya di blog dibaca oleh semua murid di sekolah. Hal tersebut karena Laras lalai saat menggunakan komputer sekolah, ia lupa Logout akun dari komputer tersebut. Cerita fantasinya ternyata sampai ke guru-guru. Bahkan guru mengancam, jika tidak ada yang mengaku bahwa siswa bersangkutan akan dikeluarkan. Apakah film Dear David berhasil menyelamatkan Laras untuk bisa selamat dari ancaman tersebut?

Interchange

Sebagai informasi saja, bahwa ternyata film fantasi Interchange ini hasil dari kolaborasi antara Indonesia dengan Malaysia. Mengisahkan tentang Adam yang dihubungi oleh detektif Man, untuk dapat ikut serta menyelesaikan kasus pembunuhan di Malaysia. Adam sendiri adalah mantan fotografer kepolisian, yang mana sebelumnya bekerja pada bagian forensik. Pada awalnya, Adam menolak permintaan tersebut. Sebab masih merasa trauma jika harus berhubungan dengan mayat dari korban kejahatan. Tapi akhirnya Adam bersedia menerima tawaran tersebut, karena ia sudah bertemu dengan wanita misterius. Ia adalah Iva. Iva merupakan perempuan yang berasal dari Kalimantan, ia tinggal disebuah apartemen yang sama dengan Adam.

Secara tidak sengaja Adam menyaksikan Iva melangsungkan sebuah ritual dan tertarik untuk tahu lebih jauh mengenai hal tersebut. Perkenalan keduanya pada akhirnya membawanya semakin jauh pada kasus pembunuhan berantai. Dimana ternyata ada hubungannya dengan kisah supranatural yang terjadi beberapa ratus tahun ke belakang. Iva bahkan memperkenalkan Adam pada hal diluar logika, yang salah satunya bagian dari mitos masyarakat Dayak. Yakni sebagai suku tempat dimana Iva berasal. Tidak hanya itu saja, bahkan Adam sendiri dikenalkan dengan Belian. Sebagai pria misterius yang bisa menjelma sebagai siluman burung rangkong. Tapi, apakah perkenalan Iva dengan Adam dapat menjawab kasus pembunuhan yang sedang Adam selesaikan?

Jagat Arwah

Cukup berbeda dengan beberapa film horor Indonesia lainnya, Jagat Arwah ini dibalut dengan tema fantasi. Menceritakan tentang karakter Raga, sedang mencari tahu tentang bagaimana latar belakang kematian Ayahnya. Yakni Sukmo. Ia meninggal secara tiba-tiba dan kejadiannya sangat mencurigakan. Dalam perjalanannya, ia menemukan banyak hal mistis. Salah satunya tentang fakta dirinya yang jadi keturunan atas penyeimbang jagat arwah dan juga jagat manusia.

Raga sendiri adalah penyeimbang atas kedua dunia tersebut, serta menyandang gelar Aditya ke7. Fakta tersebut membuatnya harus merelakan akan mimpinya menjadi anak band populer pupus. Ia sendiri akan dibantu oleh pamannya, yakni Jaya. Untuk dapat mengendalikan kekuatan yang ada di dalam tubuhnya. Paman Jaya sendir adalah sosok yang membuka mata batin pada diri Raga. Setelah itu, Raga mampu melihat arwah yang masih memiliki ikatan dengan dirinya. Mulai dari Nonik, Kunti hingga Generuwo. Orang-orang yang percaya pada ajaran kejawen, yakin bahwa tentang sedulur papat limo pancer. Merupakan istilah ada empat makhluk gaib atau bahkan jelmaan yang menemani manusia, mulai dari dalam kandungan, lahir, bahkan tumbuh dewasa hingga meninggal.

Itulah beberapa rekomendasi dan list film fantasi Indonesia yang bisa coba kamu saksikan. Ceritanya menarik dan tentu saja sangat bervariasi, dari mulai fantasi romantis hingga fantasi misteri. Membuat pengalaman menonton film Indonesia menjadi lebih menarik, pun tentu saja seru.

Baca Juga : Film Horor Diangkat dari Kisah Viral di Medsos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *