Film Petualangan Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

The Machine Movie – Industri perfilman Indonesia tentu saja semakin berkembang baik, memberikan sajian dan tontonan berkualitas. Membuat kualitasnya tidak kalah dari film luar. Persis dengan apa yang akan disampaikan pada kesempatan kali ini, akan dibahas tentang beberapa judul film petualangan terbaik sepanjang masa. Kamu dapat menontonnya sendiri atau bisa juga mengajak keluarga. Walaupun dirilisnya sudah sangat lama, tapi filmnya masih sangat cocok untuk disaksikan di tahun sekarang.

Berikut Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa dengan Tema Petualangan

Indonesia memiliki segudang film yang mengangkat tema petualangan dengan kualitas yang tak kalah menarik dari produksi film internasional. Film-film ini tidak hanya menampilkan keindahan alam Indonesia, tetapi juga memuat cerita yang menghibur, penuh dengan aksi, dan tak jarang dibalut dengan nilai-nilai kebudayaan lokal. Berikut adalah beberapa film petualangan Indonesia terbaik sepanjang masa yang wajib ditonton:

Lima Elang

Tidak hanya sekadar menjadi film petualangan Indonesia terbaik dan sepanjang masa, tapi film Lima Elang juga jadi salah satu film drama anak-anak terbaik. Film ini merupakan karya dari Rudi Soedjarwo, dibintangi oleh Bastian Bintang Simbolon hingga Iqbal Ramadhan. Lima Elang resmi rilis di tahun 2011 dan mengisahkan tentang anak-anak yang mewakili sekolahnya untuk ikut dalam acara perkemahan. Ceritanya dimulai saat Baron harus mengikuti orang tuanya pindah. Dari Jakarta ke Balikpapan.

Ia sangat kesal, dan memilih untuk menutup diri saja. Tapi suatu hari ternyata Baron diminta pihak sekolah untuk mewakilkan dirinya di acara perkemahan pramuka. Baron pun tergabung dalam satu regu, yakni bersama dengan Rusdi. Seorang pramuka sangat optimis, tapi sering membuat Baron merasa jengkel karena tingkah lakunya. Mereka berdua tergabung bersama dengan anggota pramuka lainnya, yakni Anton dan Aldi. Anton sendiri adalah anggota pramuka yang sangat ahli, terutama ahli api. Sementara Aldi, ia sangat pandai berenang tapi memiliki watak tempramental.

Keempat orang tersebut bertemu dengan gadis, ia bernama Sindai. Sindai adalah gadis perkasa, sering kali membantu Baron juga tim saat berpetualang di hutan sangat lebat. Dalam perjalanan, Aldi dan Baron terlibat dalam satu pertengkaran. Karena Aldi menyangka bahwa Baron akan kabur dari timnya. Merasa situasinya semakin kacau, Rusdi berusaha untuk memisahkan keduanya. Tapi Baron malah marah, dan membongkar aib yang dimiliki Rusdi. Apa sebenarnya aib yang dimiliki Rusdi tersebut? Jangan lupa nonton Lima Elang ya, karena ceritanya memang seru dan fresh.

Sang Pemimpi

Adalah sekuel dari film Laskar Pelangi, dirilis pada akhir tahun 2009 dan Miles Films kembali memproduksi film ini. Merupakan adaptasi dari novel karangan Andrea Hirata, yakni mengisahkan tentang kelanjutan perjuangan dari salah satu pemain Laskar Pelangi. Yakni Ikal. Ikal akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMA, Ikal dan Arai bersaudara. Arai sendiri adalah sepupunya. Jimbron sebagai sahabatnya, ternyata memiliki niat untuk merantau sangat jauh. Yakni ke Manggar Belitung Timur.

Oleh gurunya mereka diberikan motivasi agar bercita-cita dan terus melanjutkan pendidikannya di benua Eropa. Tapi semua harapannya tentu tidak sesuai dengan rencana. Arai dan Jimbron bergelut dengan perasaan cinta pada masing-masing kekasihnya. Sementara Ikal masih memiliki rasa bersalah kepada ayahnya. Ikal terus berjuang untuk mengejar mimpinya, berbekal perasaan bersalah kepada ayahnya. Film ini sangat cocok ditonton bersama keluarga, tidak hanya petualangan untuk meraih mimpi. Tapi banyak pesan baik yang bisa diambil untuk dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

Keluarga Cemara

Mengisahkan tentang keluarga sederhana, yang mengandung tentang kebahagiaan. Kemudian kesederhanaan, pantang menyerah, hingga bagaimana arti pentingnya dari sebuah keluarga. Mengangkat cerita tentang keluarga Abah, Emak beserta dengan anak-anaknya. Ada Euis dan Ara. Abah dahulunya jatuh miskin, dan mengharuskannya untuk tetap memimpin keluarga dengan segala keterbatasan, serta kekurangan. Tapi untungnya Abah memiliki Emak, sebagai istri yang terus dan tetap mendampinginya. Walaupun kerap kali terus terjadi perbedaan pendapat, terutama ketika bersama dengan anak-anaknya. Keluarga selalu memiliki cerita seru, serta sangat menyenangkan.

Hingga suatu waktu Abah mengajak keluarganya untuk pindah ke tempat terpencil di daerah Jawa Barat. Euis dan Ara juga secara otomatis harus pindah tempat. Pada awalnya Euis tidak menerima, apalagi sekolahnya berada tepat di desa dan kebetulan tidak modern. Tapi pada akhirnya Euis pun menerima keadaan, dan Ema berusaha untuk berjualan opak demi mendapatkan penghasilan tambahan untuk keluarganya. Di tengah kesulitan tersebut, ternyata Emak hamil anak ketiga. Dan ternyata Abah pun sempat terkena musibah, jatuh saat kerja sebagai kuli bangunan.

3 Hari untuk Selamanya

Riri Riza menjadi sutradara dalam film 3 Hari untuk Selamanya, mengangkat tema tentang post adolescent. Film ini pun rilis tepat di tahun 2007 dan diperankan oleh Nicholas Saputra bersama dengan Adinia Wirasti. Mengisahkan tentang Ambar yang  akan menghadiri pernikahan dari kakaknya di daerah Yogyakarta. Pada awalnya ia akan pergi bersama keluarganya dengan menggunakan pesawat. Tapi ternyata Ambar malah ketinggalan, karena ketiduran. Hal tersebut membuatnya pergi bersama dengan sepupunya, yakni Yusuf.

Sebelumnya Yusuf pun telah diberikan amanat untuk mengantar piring serta gelas keramik oleh ibunya Ambar. Dikarenakan piring serta gelas tersebut menjadi bagian dari ritual pernikahan, ternyata mengharuskan Yusuf untuk mengantarkannya menggunakan jalur darat. Yusuf dan Ambar pun menempuh jarak perjalanan selama tiga hari, dari Jakarta ke Yogyakarta. Selama tiga hari tersebut keduanya berbagi tentang pengalaman serta pandangan.

Dalam perjalanan sekaligus petualangannya bisa sampai di Yogyakarta, tentu saja membuat banyak hal bisa disampaikan. Mulai dari agama, tentang hubungan sosial, bahkan pernikahan. Selain itu, Yusuf dan Ambar juga menyampaikan tentang gelisahnya menghadapi masa depan. Yusuf memiliki karakter yang dikenal sangat cerdas, sopan juga menarik. Selain itu Yusuf juga memiliki keinginan untuk coba hal menarik. Sementara Ambar, ia memiliki jiwa bebas yang nyatanya memiliki jiwa pesimis. Nah, bagaimana kisah selanjutnya dari film 3 Hari untuk Selamanya? Apakah piring dan gelas keramik bisa sampai dengan selamat di Yogyakarta?

Kulari ke Pantai

Kulari ke Pantai berhasil diproduksi oleh Miles Films yang juga memproduksi film sukses. Seperti Petualangan Sherina hingga Laskar Pelangi. Film Kulari ke Pantai sendiri menceritakan tentang seorang anak pantai, berasal dari Rote Nusa Tenggara Timur. Dan ia pun bersama dengan Sam. Sam bersama ibunya yang bernama Uci, memiliki rencana untuk liburan dari Jakarta ke Banyuwangi. Dilakukan dengan perjalanan darat, dilakukan untuk menemui peselancar andal yang diidolakan oleh Sam. Yakni di pantai G-Land.

Petualangan pun dimulai, tapi satu hari sebelum kepergiannya. Sepupu Sam yang bernama Happy ingin ikut dan bergabung di perjalanan tersebut. Ibu Happy yang bernama Kirana berharap Happy dan Sam bisa saling kenal juga saling akrab. Karena ada perbedaan karakter antara Sam dengan Happy, dalam perjalanan pun ternyata banyak situasi tidak terduga terjadi. Tapi bagaimana akhir liburan yang ada dalam film Kulari ke Pantai? Apakah mereka bisa sampai ke pantai G-Land.

Nah itulah beberapa judul film Indonesia yang menggunakan tema petualangan, sangat keren dan tentu saja menjadi beberapa film yang bisa disaksikan sepanjang masa.

Baca Juga : Rekomendasi Film Romantis dengan Perbedaan Usia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *