Film Horror Terbaik Sepanjang Masa yang Pernah Meraih Oscar

The Machine Movie – Film horror selalu menjadi pilihan bagi kamu yang mencari kisah menyeramkan. Adegan ketegangan yang tinggi dan intens, berhasil membuat penonton ketakutan sepanjang durasi film. Namun kisah horror tidak hanya membawa kisah hantu, ada juga kisah misteri mengerikan yang bahkan dilakukan oleh manusia.

Film Horror Terbaik Sepanjang Masa yang Pernah Meraih Oscar

Tidak diragukan lagi, karya horror terbaik ini meraih penghargaan bergensi salah satunya Oscar atau Academy Awards. Berikut daftar film horror terbaik yang pernah meraih Oscar.

The Silence of the Lambs (1991)

Film horror peraih Oscar yang pertama adalah The Silence of the Lambs yang tayang pada 1991. Film ini sukses meraih penghargaan Oscar pada tahun yang sama. Kisahnya menceritakan seorang agen FBI mudah, Clarice Starling (Jodie Foster) yang ingin memiliki kesuksesan karier dengan menyembunyikan fakta latar belakang dirinya.

Starling bekerja di sebuah agensi penelitian yang mempelajari sikap dan perilaku manusia. Suatu waktu, ia mendapat tugas untuk bertemu Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hopkins) yang dipenjara karena telah membunuh banyak orang secara kanibal. Starling diharapkan dapat membantu agensi mengetahui pola pikir seorang pembunuh berantai.

Tidak hanya meraih Oscar, film ini meraih rating tinggi di IMDb yakni 8.6/10. Mengangkat genre kriminal, drama, dan thriller, film ini menjadi pemenang Oscar kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, dan Skenario Adaptasi Terbaik.

Aliens: 1986

Film yang disutradari oleh James Cameron ini adalah sekuel dari film terdahulunya, Alien: 1979. Aliens menceritakan tentang pertempuran sengit melawan entitas di luar angkasa. Cerita berkisah pada seorang pejuang bernama Ellen Ripley (Sigourney Weaver) yang berhasil selamat setelah pesawat mereka mendapatkan serangan alien hingga menewaskan seluruh awaknya.

Ellen yang selamat berusaha melawan kejahatan para alien setelah bekerja sama dengan prajurit kolonial yang sudah terlatih. Perlawanannya didukung dengan mesin senjata mematikan yang telah dirancang khusus untuk menghancurkan musuh.

Film Aliens: 1986 mencatat rating memuaskan di IMDb sebanyak 8.4/10. Selain pemeran utama, film ini juga dibintangi oleh Michael Biehn, Carrie Henn, dan lain-lain. Dalam penghargaan Oscar, film ini menyabet pemenang Penyuntingan Suara Terbaik dan Efek Visual Terbaik.

Jaws (1975)

Mengangkat genre horror, misteri, dan thriller, film karya sutradara Steven Spielberg ini mengisahkan seekor hiu ganas yang berkeliaran di sekitar pantai bernama Amity Island. Akibat serangan itu, seorang perempuan tewas.

Seorang polisi bernama Martin Brody (Roy Scheider) berusaha menghentikan serangan hiu tersebut dengan menutup sementara kawasan pantai. Namun usulnya ditolak oleh Wali Kota Larry Vaughn (Murray Hamilton). Akhirnya, Martin secara sukarela memulai petualangannya untuk memburu hiu tersebut. Film Jaws meraih penghargaan Penyuntingan Terbaik, Musik Orisinal Terbaik, dan Tata Suara Terbaik.

The Exorcist (1973)

The Exorcist termasuk salah satu karya horror paling menakutkan yang pernah dibuat dalam industri film. Tak heran jika film ini membawa penghargaan Academy Awards pada tahun 1974 lalu. Dalam film, Chris (Ellen Burstyn) menyadari putrinya Regan (Linda Blair) bertingkah aneh dan menyeramkan.

Kemudian Chris meminta bantuan dua orang pendeta, Bapa Karras (Jason Miller) dan Bapa Merrin (Max von Sydow) untuk melakukan ritual excorsisme atau pengusiran setan pada putrinya. Berbagai peristiwa seram dan mengerikan dialami Regan selama ritual membuat The Excorsit menjadi ikon seram film horror.

Di IMDb, rating film ini adalah 8.1/10 dan meraih kemenangan Oscar untuk Tata Suara Terbaik dan Skenario Adaptasi Terbaik. Saat ini kamu bisa menonton film ini di platform streaming Google Play Movie.

Black Swan (2010)

Film horror terbaik yang meraih penghargaan Oscar selanjutnya adalah The Swan. Film ini dibintangi aktor Hollywood Natalie Portman yang memerankan Nina, seorang penari balet yang memiliki kepribadian kurang stabil.

Hidup Nina dipenuhi tarian, sama seperti penari balet pada umumnya. Terlebih, Nina menuruni bakat ini dari ibunya yang juga seorang penari balet. Berada di bawah naungan direktur artistik bernama Thomas Leroy (Vincent Cassel), Nina harus mendalami peran barunya sebagai Black Swan. Kian hari, peran itu semakin membawa dirinya pada suatu kegelapan yang berbahaya. Akting memukau Natalit di sini membawanya pada kemenangan Oscar untuk kategori Aktris Terbaik.

Rosemary’s Baby (1986)

Film horror berikutnya ini menceritakan kisah seorang wanita bernama Rosemary (Mia Farrow) yang sedang mengandung. Ia mencurigai ada hal-hal aneh terjadi pada tetangganya. Rosemary mengalami berbagai kejadian buruk yang membuatnya yakin bahwa tetangganya menjadi bagian dari sekte sesat yang mengincar bayinya.

Situasi semakin runyam ketika suaminya, Guy (John Cassavetes) tidak mendukung Rosemary atas kecurigaan itu. Rating di IMDb untuk film ini adalah 8.0/10. Kamu pun bisa menontonnya di Apple TV dan meraih penghargaan untuk Aktris Pendukung Terbaik.

Misery (1990)

Film ini digarap oleh sutradara Rob Reiner, Misery hadir dengan genre thriller drama horror yang sukses menyuguhkan kengerian bagi siapapun yang menontonnya. Dalam film ini dikisahkan Paul Sheldon (James Caan), seorang novelis terkenal suatu hari hendak pulang ke rumahnya setelah menamatkan sebuah novel. Namun dalam perjalanan, ia mengalami kecelakaan karena mobilnya terhantam badai.

Paul mengalami luka berat bertemu dengan seorang penggemar novelnya bernama Annie Wilkes (Kathy Bates) yang menolong dan membawanya pulang untuk perawatan. Namun Paul tidak menyangka bahwa pertolongan itu membawanya pada malam penuh siksaan. Dalam film ini, Kathy Bates meraih kemenangan Oscar sebagai Aktris Terbaik.

Get Out (2017)

Get Out merupakan karya Jordan Peele yang mengusung tema horror thriller. Cerita berpusat pada Chris Washington (Daniel Kaluuya) yang menjalin asmara dengan Rose Armitage (Allison Williams).

Dengan percaya diri, Rose percaya dan menaruh perasaan sepenuhnya pada Chris. Hingga suatu waktu, Chris mengalami serangkaian kejadian menyeramkan yang dilakukan oleh Rose beserta keluarganya. Cerita menegangkan ini meraih penghargaan Oscar untuk Skenario Asli Terbaik.

The Fly (1986)

Film horror ini tayang pada 1986, mengisahkan tentang seorang ilmuan eksentrik bernama Dr. Seth Brundle (Jeff Goldblum) yang berencana membawa perubahan pada dunia dengan menciptakan mesin teleportasi. Demi meningkatkan ambisinya, Dr. Brundle bahkan melakukan eksperimen untuk dirinya sendiri. Di luar dugaan, ia justru berubah menjadi lalat yang merupakan hama terburuk. Film ini membawa pulang piala Oscar untuk kemenangan Tata Rias Terbaik.

The Omen (1976)

The Omen adalah film yang mengisahkan seorang duta besar Amerika di London yang menikah dengan perempuan bernama Katherine (Lee Remick). Hidup mereka awalnya sempurna, namun mereka tidak kunjung dikaruniai anak.

Hingga suatu hari, Robert mengadopsi seorang bayi yang ibunya baru meninggal di rumah sakit. Namun siapa sangka, hidup mereka mulai dihantui serangkaian kejadian aneh setelah membawa anak yang ternyata inkarnasi iblis. Film ini meraih piala Oscar untuk Musik Orisinal Terbaik.

Baca Juga : Ini Dia Rekomendasi Film Genre Komedi yang Bisa Jadi Referensi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *