Rekomendasi Film Petualangan Anak, Siswa SD Wajib Nonton Ini

The Machine Movie – Siswa SD merupakan anak yang masih terus akan tumbuh berkembang, harus diberikan banyak ilmu dan juga pengetahuan. Ilmu dan pengetahuan tersebut bisa didapatkan dengan cara apapun, melalui media apapun. Salah satunya melalui film yang bertema petualangan, sehingga anak pun diajak untuk berpikir dan menggunakan imajinasinya melalui tontonan. Pada kesempatan kali ini akan dipaparkan beberapa rekomendasi judul beserta dengan sinopsis singkatnya.

Beberapa Judul Film Petualangan yang Harus Siswa SD Tonton

  • Petualangan Sherina

Bagi masyarakat Indonesia yang sudah beranjak dewasa, pasti akan tahu dengan film jadul ini. Bahkan sekarang Petualangan Sherina sudah ada film keduanya. Tapi anak-anak sekarang, yang mungkin baru lahir pada tahun 2015 hingga 2019. Tidak akan tahu dengan film ini, sehingga mereka sangat cocok untuk diajak menonton film petualangan Petualangan Sherina.

Film ini resmi rilis tahun 2000, kini filmnya sudah bisa disaksikan di platform nonton online. Walaupun film petualangan, tapi film ini pun berkonsep film musikal. Sehingga akan sangat cocok ketika anak-anak diajak untuk menonton film ini. Menceritakan tentang keluarga yang harus pindah tempat tinggal, dan keluarga tersebut memiliki anak bernama Sherina. Dia kemudian berkenalan dengan teman di sekolahnya, yakni Sadam.

Atas perkenalan tersebut terjadilah petualangan, yang bahkan perjalanannya sangat menegangkan. Film Petualangan Sherina dirilis dan disutradarai oleh Riri Riza, bahkan pada ajang gelaran Piala Citra pun berhasil mendapatkan enam nominasi sekaligus.

  • The Jungle Book

Film anak tema petualangan selanjutnya, adalah The Jungle Book. Menjadi salah satu film live action yang sangat wajib untuk ditonton bersama anak, apalagi jika kamu memiliki saudara yang masih duduk di bangku SD. Film The Jungle Book rilis resmi di tahun 2016, mengisahkan cerita yang diadaptasi dari buku. Di dalam versi live actionnya, karakter utamanya bernama Mowgli. Ia digambarkan sebagai pemuda tanggung. Sebagai anak laki-laki kecil, memiliki rambut sebahu.

Walaupun adaptasi dari sebuah buku, film The Jungle Book tetap mengangkat cerita yang sama. Mengenai anak rimba yang diharuskan untuk melawan harimau benggala agar bisa membalas kematian dari serigala pengasuhnya. Mowgli sendiri diperankan oleh Neel Sethi, menjadi anak laki-laki yang tinggal di hutan. Ia dibesarkan oleh Rakhsha, sebagai seekor serigala yang merawat Mowgli bak anaknya sendiri. Ada juga seorang pemimpin dari kawanan serigala, ia adalah Akela. Selalu melindungi Mowgli dari bahaya dan ancaman binatang di hutan.

Suatu ketika datang musim kemarau yang sangat panjang, membuat sumber air di hutan sulit untuk didapatkan. Para binatang pun akhirnya membuat perjanjian gencatan pada salah satu mata air yang masih ada. Mereka berjanji untuk dapat menggunakan mata air tersebut secara bersama-sama, serta dilarang untuk memangsa antar binatang lainnya.

Shere Khan, seekor benggala yang hadir ternyata melihat keberadaan Mowgli. Shere Khan ternyata memiliki dendam kepada manusia, dan memiliki niat untuk membunuh Mowgli setelah gencatan senjatanya berakhir.

Akela menyarankan Mowgli untuk pergi ke desa, agar bisa menyelamatkan dirinya sendiri. Mowgli pun memulai petualangannya ke desa ditemani oleh beruang hitam. Apakah Mowgli bisa selamat dari ancaman pembunuhan tersebut? Saksikan secara online, dan jangan lupa untuk ajak rekan kamu yang masih kecil ya.

  • Harry Potter

Series Harry Potter memang sangat banyak, tapi yang cocok untuk disaksikan oleh anak SD adalah Harry Potter yang rilis pertama. Rilis pada tahun 2001 dengan judul Harry Potter and The Sorcerer’s Stone. Dalam cerita Harry Potter pertama, dimulai dengan Harry Potter yang merupakan seorang yatim piatu. Sekaligus keturunan dari penyihir dengan nama James dan Lily Potter.

Setelah kepergian orang tuanya, Harry secara langsung diasuh oleh keluarga Dursley. Kehidupannya pun ternyata jauh dari kata menyenangkan. Tapi menjelang ulang tahunnya yang ke 11, hal ajaib pun terjadi. Ada seorang penyihir bernama Hagrid, ia datang menemui Hary dan memberi tahu bahwa ia adalah seorang penyihir.

Tidak hanya itu saja, Hagrid juga memberi tahu tentang keberadaan Lord Voldemort. Sebagai penyihir kegelapan yang telah membuduh James dan Lily Potter. Yakni kedua orang tuanya. Kedatangan Hagrid membuat Harry memiliki kehidupan yang berubah total, terutama saat ia mulai bersekolah di Hogwarts. Ia bertemu dengan banyak sahabat, mulai dari Ronald Weasley hingga Hermonie Granger.

Masalah dimulai ketika mereka bertiga menemukan batu bertuah di sekolahnya. Batu tersebut mitosnya dapat memberikan kehidupan yang abadi bagi siapa saja yang memilikinya. Harry pun curiga jika guru ramuannya yang bernama Severus Snape akan mencuri batu tersebut. Snape sendiri dikenal sebagai guru killer, sangat sinis dan secara terang-terangan menunjukkan ketidak senangannya kepada Harry. Bagaimana kisah selanjutnya? Siapa sebenarnya pemilik dari batu tersebut?

  • Jack The Giant Slayer

Rekomendasi film petualangan anak selanjutnya yang wajib untuk ditonton anak SD, adalah Jack The Giant Slayer. Film ini mengisahkan tentang pertemuan diantara Jack dengan Putri Isabelle. Sampai ada momen dimana Jack sampai di rumahnya, dan ia mendapati ada sekumpulan biji di tangannya. Biji tersebut didapatkan dari seorang biksu, biksu tersebut dianggap suci oleh penduduknya.

Ternyata biji-biji tersebut tumbuh secara cepat, bahkan pertumbuhannya bisa menembus langit. Jack terkaget-kaget, ternyata pertumbuhan biji tersebut membawa Putri Isabelle berada di puncak langit. Jack pun pada akhirnya memutuskan untuk menaiki biji tersebut, dan berupaya untuk menyelamatkan Putri. Apakah Jack berhasil untuk menyelamatkan Putri? Saksikan kisah selanjutnya ya.

  • The Spiderwick Chronicles

Menceritakan tentang keluarga Helen, yang pindah ke Spiderwick Estate. Mereka pindah untuk menempati rumah kuno, cukup besar tapi dibeberapa bagian rumah sudah rusak. Helen memiliki tiga anak, memiliki dua anak kembar laki-laki bernama Jared dan Simon. Sedangkan anak perempuannya bernama Mallory.

Perpindahan tersebut ternyata tidak menyenangkan, terlebih anak-anaknya tidak betah dan bahkan sering terjadi pertengkaran. Hingga tiba pada suatu hari, ketiga anaknya sedang bermain dan merusak salah satu tembok. Ternyata tembok tersebut mengarahkan mereka kesuatu ruang sangat misterius. Di dalamnya terdapat banyak buku kuno, hingga barang-barang aneh. Tiba-tiba terdapat tulisan, meminta Jared untuk pergi. Tapi ia menggubris hal tersebut. Tapi Jared malah membuka buku yang sudah tersegel.

Jared pun membuka buku tersebut, ternyata di dalamnya berisi tentang cerita serta gambar makhluk aneh. Sejak kejadian tersebut, jelas kehidupannya jadi berbeda. Banyak kejadian aneh muncul dan terjadi. Hingga pada akhirnya membuat mereka masuk ke dunia fantasi. Nah itulah beberapa judul film yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi, sangat cocok untuk ditonton oleh anak yang masih duduk di bangku SD. Ceritanya sangat ringan, bahkan pemerannya juga kebanyakan dibawakan oleh anak-anak.

Masa tumbuh anak adalah perkembangan yang pas untuk mendapatkan banyak informasi. Tapi harus tepat sasaran dan benar, salah satunya dengan mengajaknya menonton film sesuai dengan usianya.

Baca Juga : Film Animation Terbaik Sepanjang Masa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *