Tips Bagi Filmmaker Saat Produksi Comedy Film Pendek

The Machine Movie – Berikut ini terdapat beberapa kiat dan trik bermanfaat untuk merekam, menyutradarai, dan menyunting comedy film pendek yang dimana komedi ini dapat digunakan untuk menangkap keajaiban tersebut agar dapat dilihat oleh dunia.

Seni film pendek komedi sebenarnya bukanlah hal baru, dan dapat ditelusuri kembali ke ke beberapa waktu ke belakang. Tentunya melalui karya – karya yang coba dibuat oleh beberapa filmmaker yang memang sudah terkenal dengan karya comedynya. Seperti kreator Charlie Chaplin misalnya, coba disini siapa yang tidak mengenalnya?

Sepertinya hampir selapan puluh persen masyarakat sudah mengenalnya, sebab selain sering digunakan dalam karakter comedy. Sering juga ditampilkan dalam beberapa aksi teatrikal yang biasanya bertujuan untuk mengkritik pemerintahan atau fenomena yang sedang hangat. Padahal sebetulnya karakter ini muncul dari sebuah film yang tadinya bertujuan untuk sebuah keluan saja. 

Jadi, meskipun ada banyak hal yang perlu dipelajari tentang apa saja yang membuat sebuah comedy film ini sangat lucu. Sebetulnya belum tentu dapat dijelaskan secara gamblang seperti dalam artikel kali ini.  Maka dari itu berikut ini cobalah beberapa panduan untuk menemukan hal yang lucu dalam membuat film pendek dan comedy film yang berkualitas.

Nah, dalam proses membuat film pendek sendiri sebetulnya dapat dilakukan dengan beberapa kelompok orang. Semisal coba mengajak teman – teman atau sahabat dekat yang sudah memiliki cerita bersama. Lakukanlah banyak improvisasi bersama teman – teman seperjuangan anda untuk mengikuti beberapa langkah bersama.

Pasalnya hal ini sudah diajarkan di sekolah – sekolah film atau sekolah improvisasi yang mengajarkan seseorang untuk menyusun sebuah naskah film. Termasuk salah satunya sebuah comedy film pendek yang banyak diikuti kreator muda. Biasanya kreator muda akan dibekai dengan banyak perunjuk untuk melakukan sejumlah penyusunan naskah.

Sebagai petunjuk dasar misalnya kemudian anda sekalian masing – masing perlu melakukan sebuah observasi secara bersama – sama. Kemudian mengambil banyak nilai dan pelajaran yang bisa diterpakan dalam naskah yang nantinya diadaptasi ke dalam film. Intinya adalah, dalam setiap ide dan cerita yang coba anda pikirkan lebih baik dituangkan dalam naskah yang sedang diproduksi.

Biasanya bagian favorit dari proses ini adalah pertemuan pertama ini. Sebab anda akan bertemu dengan beberapa teman di kedai kopi dengan buku catatan dan melakukan asosiasi bebas dan saling bertukar pikiran, terkadang ini juga perlu dilakukan selama berjam-jam. Tujuannya pada awalnya, bukanlah untuk menghasilkan konsep yang solid. Tujuannya hanyalah untuk mengeksplorasi ide dan “menemukan hal yang lucu,” begitulah istilahnya.

Namun, sesi curah pendapat yang baik tidak harus dilakukan dengan kelompok. Anda dapat melakukan asosiasi bebas hanya dengan diri anda sendiri dan selembar kertas. Idealnya, setelah Anda menghabiskan cukup waktu untuk memikirkan apa yang menurut Anda terdengar dan terasa segar dan lucu, Anda dapat mulai menuangkan ide – ide tersebut ke dalam kertas dengan merencanakan kerangka, naskah, dan pengambilan gambar Anda yang kemudian bisa dituangkan dalam comedy film.

Beberapa Pengambilan Gambar dan Improvisasi dalam Comedy Film

Karena sifatnya komedi, ini akan sangat membantu jika anda mulai memproduksinya dengan menggunakan ide sederhana untuk bersikap fleksibel. Anda tidak akan pernah tahu ide lucu apa yang mungkin muncul begitu anda mulai merekam. Namun, akan sangat membantu jika anda memiliki dasar yang kuat untuk produksi yang akan dilakukan dengan daftar pengambilan gambar yang direncanakan dengan sebaik mungkin.

Beberapa filmmaker sering menemukan bahwa cara terbaik untuk bekerja adalah dengan terlebih dahulu merampungkan dasar – dasar dari pemikiran yang anda miliki dan memastikan jika anda memang memiliki setiap pengambilan gambar yang diperlukan untuk menyusun suntingan. Kemudian, setelah pekerjaan yang kaku selesai anda dapat memulainya secara bertahap dan semuanya disa mudah melakukan pengambilan gambar sebanyak yang anda mampu, sambil mendorong improvisasi sehingga ide – ide baru bisa mengalir dengan bebas.

Pentingnya Pengambilan Gambar Reaksi dalam Comedy Film

Trik sederhana lain yang dapat membantu dalam penyuntingan adalah dengan mengambil beberapa pengambilan gambar reaksi. Komedi sangat bergantung pada wajah. Jika Anda melihat film bisu komedi klasik, pengambilan gambar reaksi yang tepat waktu adalah cara yang sempurna untuk membuat lelucon. Saat syuting, Anda hanya perlu beberapa menit untuk meminta aktor Anda mencoba beberapa ekspresi wajah lagi, dengan tingkat yang berbeda – beda. Hal tersebut dapat Anda simpan di dalam catatann di belakang buku saat Anda mulai membangun humor dalam tahap  pascaproduksi.

Mengedit untuk Ketepatan Waktu dan Kecepatan

Beralih ke pengeditan, komedi pendek sering kali sangat – sangat cepat baik dalam proses produksi maupun prose durasi tayang. Ya, jika Anda membuat sindiran atau parodi bergaya, terkadang memang bagus untuk melakukannya dengan lambat. Namun, secara umum komedi cocok untuk menghargai kecerdasan tercepat. Ada banyak trik untuk menjaga kecepatan, dan banyak di antaranya berasal dari pengeditan. Jika Anda telah berhasil mengambil banyak sudut dan reaksi, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun kecepatan. Memotong pembicaraan dengan cepat diantara pembicara saat dialog berlangsung dapat menciptakan aksi dan gerakan.

Namun, jangan terlalu terpaku pada kecepatan, karena Anda tetap ingin mencoba secara halus membangun karakter yang tepat dengan coba mengatur waktu sefleksibel mungkin agar lelucon tertentu muncul.

Tentukan Platform Publish Comedy Fim yang Tepat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, membuat konten komedi di zaman sekarang ini sering kali memerlukan lebih dari sekadar mengunggah video ke YouTube. Jika Anda serius ingin menjadi viral dan berkarier di comedy film pendek, Anda perlu memanfaatkan sejumlah saluran video dan media sosial populer lainnya untuk memaksimalkan jangkauan audiens Anda.

Mengedit dan mengunggah langsung ke platform seperti TikTok adalah tempat yang baik untuk memulai. Anda juga perlu mempertimbangkan untuk menyesuaikan ekspor untuk Facebook, Instagram, dan platform media sosial besar juga terkenal lainnya. Sehingga kemudian penyebarannya bisa lebih meluas lagi, tidak hanya penyebarannya saja melainkan berbagai generasi juga bisa menyaksikannya.

Pasalnya media sosial sendiri memiliki segmen tertentu, tidak semua generasi menyukai akses ke beberapa sosial media. Misal kalangan usia lanjut biasanya senang mengakses facebook, karena memang sudah lebih mengenal sehingga mudah menggunakannya. Sedangkan generasi muda lebih senang mengakses instagram dan tiktok. Dimana keduanya memang sangat milenial sekali dan memiliki konten – konten unik juga lebih menarik untuk usianya.

Nah, cobalah untuk mengunggah dalam platform ini sehingga bisa lebih banyak jumlah orang yang mengenal karya anda. Sehingga lebih cepat terkenal, selain itu pasti akan ada banyak review dari setiap karya yang anda buat. Toh ada banyak pasang mata juga yang ternyata menyaksikannya, ini juga akan sekaligus menjadi penilaian yang instan dimana anda memang sungguh membutuhkannya.


Baca Juga : Berbagai Jenis Comedy Film yang Menampilkan Punchline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *