Tantangan yang Sering Dihadapi Filmmaker Saat Produksi Comedy

Dunia perfilmman mengalami perkembangan sangat pesat dan signifikan, terlihat dari banyaknya filmmaker yang mulai muncul ke permukaan. Terlebih jika baru saja membuat film kemudian langsung meledak di pasaran dan memiliki banyak penonton. Seperti filmmaker comedy film semakin hari terus bermunculan karena filmnya memang sangat menyenangkan. 

Apakah ada yang pernah terpikirkan, mengapa kemudian film dengan genre ini memiliki peminat semakin banyak. Padahal dalam dunia film sendiri ada banyak jenis genre yang bisa disaksikan. Semuanya pun memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri, sepertinya memang genre satu ini sudah memiliki tempat di hati para penikmat film.

Disamping memang biasanya menyajikan Dunia perfilmman yang ringan namun syarat akan makna. Dalam unsur filmnya juga seringkali banyak menampilkan nilai – nilai kehidupan secara tersirat. Artinya memang filmnya ini memerlukan pemahaman lebih jauh meski pun bisa dibilang hanya film ringan saja.

Setiap unsur cerita yang ditampilkan biasanya mengikuti ciri khas dari filmmakernya itu sendiri, mulai dari pendekatan visual yang digunakan hingga emosi yang bisa ditangkap oleh penonton. Namun yang jelas semuanya sama – sama memiliki keunikan dan patut untuk dinikmati, ini merupakan karya yang tidak ternilai oleh apapun. Selain bernilai namun juga tidak akan lekang oleh waktu sampai kapanpun, malah ada juga yang mengabadikan momen bersejarah melalui film.

Semua ini merupakan tantangan tersendiri bagi para sineas filmmaker, supaya jangan sampai keluar dari plot yang sudah ditentukan. Begitu juga dengan genre yang sudah diusung, seperti misalnya mengusung genre comedy film namun ternyata tidak ada lucu – lucunya sama sekali. Nah yang lebih dikhawatirkan lagi, justru malah menyeberang ke genre lainnya.

Maka dari itu diperlukan fokus dan memiliki pendirian dalam proses produksinya. Sebab tidak jarang cerita yang sudah dibuat dan direncanakan justru mengalami improfisasi dan mengalami perbedaan. Sebetulnya tidak menjadi masalah jika memang ceritanya mengarah jauh ke yang lebih bagus.

Perbedaan Drama dan Comedy Dunia perfilmman

Keduanya merupakan tontonan yang terbilang populer di kalangan masyarakat yang gemar menonton. Keduanya kerap menjadi ajang hiburan meski hanya sekedar melepas penat atau merasa perlu penghilang stress. Jika dilihat secara sekilas keduanya juga kadang terlihat sama, padahal sebelumnya sangat berbeda.

Jika dilihat lebih dalam sebetulnya keduanya memilih perbedaan cukup signifikan dan terlihat secara gamblang. Utamanya bagi comedy film, dilihat dari sudut pandang definisi sendiri Dunia perfilmman ini merupakan sederetan dokumentasi visual yang menghadirkan karakter dan sebuah cerita. Istilah ini juga seringkali digunakan untuk tontonan yang kerap kali disaksikan melalui bioskop.

Sementara untuk drama sendiri bisa juga diartikan sebagai cerita yang dikarang oleh penulis yang menggambarkan tokoh manusia dan dipentaskan sebanyak beberapa babak. Drama juga kerap dihubungkan dengan seni pentas teather yang visualnya didukung juga dengan syair atau lagu – lagu yang seirama dengan ceritanya.

Berbicara soal drama sendiri, seperti  yang sudah diketahui secara umum jika drama ini diungguli oleh negara ginseng. Atau bisa disebut juga dengan korea selatan, hampir semua kalangan menyukai drama produksi negara satu ini. Selain ceritanya yang memang seru dan penuh intrik, tokoh yang memainkannya pun sangat tampan dan cantik. Sehingga keduanya menjadi duo maut yang sangat memikat para penonton, khususnya generasi muda.

Comedy Dunia perfilmman yang Banyak Mengkombinasi Banyak Genre

Membuat Dunia perfilmman hanya dengan satu genre saja ini sudah terlihat sulit, apalagi menggabung genre comedy film dengan banyak genre. Tapi faktanya ada beberapa film yang menggabungkan banyak genre dan memang terlihat sangat seru. Meski bagi sebagian orang ini terlihat sangat membingungkan, utamanya bagi yang kesulitan memahami alur film dan sebuah cerita.

Kali ini sepertinya membahas film bergenre comedy sudah menjadi hal yang biasa. Anda akan coba disuguhkan dengan film – film yang bergenre banyak. Sebagai pembuat film ini merupakan tantangan tersendiri, namun justru membawa banyak intrik dan keseruan tersendiri.

Seorang pembuat film yang dikenal dengan sebutan sutradara menganggap jika genre itu sebuah hal yang bisa digunakan sebagai daya fokus alur cerita. Genre juga digunakan untuk mengelompokkan dan mengkategorikan sebuah jenis film.

Jadi tidak perlu khawatir jika ternyata ada film yang dirasa sedikit membingungkan. Karena memang ternyata di dalamnya mengandung banyak genre sekaligus. Nah dalam prosesnya, ada banyak sekali upaya yang dilakukan oleh sutradara itu sendiri.

Beserta para pemainnya juga yang perlu mendalami banyak penokohan dan peran dalam satu film sekaligus. Hal ini tidak akan menjadi tantangan besar dan bermasalah. Pasalnya ajang ini malah menjadi tantangan dan ajang pembelajaran seorang pemain untuk mempelajari banyak penokohan.

Dengan kombinasi banyak genre ini akan berhasil menciptakan sebuah karya yang unik dan sukses. Seperti film Everything Everiwhere All At Once yang release pada tahun 2022. Kemunculan filmnya membuat riuh para penonton, utamanya mereka yang mencintai film penuh tantangan dan menggunakan logika dalam menafsirkan setiap unsur ceritanya.

Beberapa Karakter Utama Dalam Dunia perfilmman

Pemeran utama Michelle Yeoh memerankan tokoh seorang wanita keturunan tionghoa.  Dalam film karakter utama ini berperan sebagai seorang pemilik laundry yang terkena sejumlah masalah. Tiba – tiba ia jadi memiliki tanggungjawab harus menyelamatkan dunia saat multiverse sedang dalam keadaan bahaya.

Dirinya yang kala itu merasa bingung, sebab kesehariannya bergelut dengan dunia tempatnya usaha. Tidak ada sangkut paut sama sekali dengan urusan menyelamatkan duniawi. Pada scene awal cuplikan filmnya menampilkan kisah keluarga yang sangat hangat dan kekeluargaan. Namun ternyata begitu masuk dalam scene selanjutnya tiba – tiba masuklah genre sci-fi yang mengenalkan multiverse.

Ada banyak untur multiverse yang memang coba ditampilkan, ini sedikit banyaknya membuat penonton kebingungan. Sebab lompat genre ini jelas sangat jomplang dan jauh berbeda, lompatannya pun terlihat sangat jelas sekali. Seperti ada banyak dunia yang melompat ke dalam satu scene dan kemudian digabungkan.

Kasarnya film ini seperti berputar – putar, maksudnya seperti menggambarkan dunia yang berputar. Padahal sebetulnya tidak, melainkan memperlihatkan lompatan scene yang berbeda – beda. Masuknya genre sci-fi ini menjadi ajang bagi sutradara memasukkan beberapa scene lompatan lagi dimana alurnya jadi maju mundur.

Coba saja perhatikan oleh anda jika memang ada rencana untuk menyaksikannya. Lantas dimana letak humornya? Sebab beberapa kalangan mengkategorikan ini ini merupakan salah satu comedy film yang sangat seru sekali. Tidak sampai disana juga, plot twist yang seru dan menyenangkan pun ditampilkan.

Nah ini film ini kemudian menjadi salah satu gebrakan yang menjadi plot twist komedi. Dimana penonton melihat tidak hanya ceritanya yang mengandung unsur komedi. Namun juga plot lompatan genrenya membuat penonton tertawa karena memang mengundang tawa. Film ini disebut sebagai film yang main – main, namun sebetulnya syarat akan makna dan pelajaran akan dunia perfileman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *