Daftar Pilihan Comedy Film Fiksi Ilmiah, Menegangkan dan Lucu

Film genre fiksi ilmiah memang selalu menampilkan tontonan yang seru dan juga serius. Tapi tidak hanya itu saja, kini sudah banyak juga film fiksi yang dibalut dengan komedi. Agar tidak terlalu banyak mikir dan tetap mengundang gelak tawa.

Misalnya dengan daftar pilihan comedy film fiksi ilmiah yang kini akan dibahas dan direkomendasikan kepada Anda. Walaupun filmnya sudah tergolong rilis lama dibeberapa tahun ke belakang. Tapi dijamin masih fresh dan akan memberikan tontonan yang seru, bahkan mungkin membuat kamu ingin menontonnya lagi.

Berikut Beberapa Judul Comedy Film dengan Sentuhan Fiksi Ilmiah

  1. Back to The 90s (2015)

Film ini ternyata berasal dari Thailand, menggabungkan tema percintaan, unsur fantasi dan juga tentu saja sentuhan komedi.

Film ini dirilis secara resmi pada tahun 2015, tayang dengan durasi 111 menit. Berlatar pada tahun 2014, dan mengisahkan tentang remaja yang bernama Kong.

Kong sedang merasa jenuh dengan kesehariannya, karena rumah tangga kedua orang tuanya sudah tidak lagi harmonis.

Suatu malam, ia bahkan terlibat pertengkaran hebat dengan ayahnya. Kong pun kemudian keluar dari rumah, untuk mencari udara segara. Tanpa diduga, ia malah menemukan beberapa foto lama dan ada halaman berisi sebuah pesan.

Saat Kong memutuskan untuk membalas pesan tersebut, ia pun secara misterius terlempar ke tahun 1995. Pada tahun itu tentu saja ia belum lahir, bahkan orang tuanya belum menikah.

Kong malah menemukan kisah asmara dari ibu dan ayahnya, diuji dengan kehadiran gadis lain. Bagaimana cara Kong untuk memperbaiki hubungan kedua orang tuanya tersebut? Apakah ayahnya masih tergoda dengan gadis itu?

  • Downsizing (2017)

Adalah film drama komedi dan fiksi ilmiah, rilis tepat di tahun 2017 lalu. Mengisahkan tentang penemuan seorang ilmuan dari Norwegia, yang bisa menjadi solusi atas kemungkinan terjadinya ledakan penduduk dan juga perubahan iklim.

Dilakukan dengan mengecilkan manusia menjadi liliput, berukuran 5 inci dan hanya 13 cm saja. Jika diperkirakan, mungkin seukuran dengan kotak korek api.

Prosedur tersebut bisa membuat sumber daya yang dikonsumsi jadi lebih sedikit, dan mengurangi polusi. Orang-orang pun sudah menjadi mini, dan memiliki kesempatan menikmati hidup mewah di dunia liliput.

Salah satu yang tertarik dengan prosedur tersebut, adalah Paul Safranek dan istrinya Safranek. Mereka adalah golongan kelas menengah, tidak memiliki banyak uang dan berharap dapat tinggal nyaman di dunia liliput.

Tapi banyak masalah terjadi dan menggagalkan bayangan indah mereka. Tapi bagaimana kelanjutannya? Apakah misi dan prosedur yang dilakukannya berhasil?

  • Superintelligence (2020)

Film aksi komedi, Superintelligence rilis resmi pada akhir tahun 2020. Film ini tayang 106 menit dan mengisahkan tentang wanita bernama Carol Peters. Delapan tahun silam, ia mengambil keputusan untuk meninggalkan pekerjaannya di Yahoo dan kemudian memilih untuk melakukan kebaikan dunia.

Sejak saat itu juga, ia aktif sebagai aktivitas di lingkungan dan memfasilitasi orang-orang yang ingin mengadopsi hewan. Sesekali Carol pun melamar pekerjaan disebuah perusahaan. Sayangnya ia malah direndahkan, bahkan dianggap terlalu menjemukkan dan kurang menyenangkan.

Bahkan Carol pun disebut sebagai orang paling biasa di dunia, hidupnya pun berubah disaat peralatan di apartmennya diambil alih oleh kecerdasan buatan. Atau biasa juga disebut dengan AI.

Mulai dari mesin pembuat kopi, televisi hingga ponselnya tiba-tiba mengajaknya berbicara. Ternyata usut punya usut, Carol dipilih oleh kecerdasan super di dunia pertama untuk diamati. Karena hal tersebut, Carol harus berjuang untuk melawan waktu dan membuktikan bahwa manusia adalah makhluk berharga.

  • Jexi (2019)

Menceritakan seorang laki-laki yang dikendalikan oleh asisten virtualnya. Sejak usia remaja, Phil memiliki obsesi terhadap kecanggihan ponsel pintar. Membuat kehidupannya jadi jauh lebih baik.

Hal tersebut pun membuat ia tumbuh menjadi pria yang cenderung tertutup, bahkan lebih senang menghabiskan waktu sendiri. Dan suatu hari, Cate melihat Phil sedang berjalan disekitar toko sepeda miliknya.

Ia berupaya untuk memulai dan membuka percakapan dengan Phil, tapi pria tersebut malah lebih memilih untuk mencurahkan perhatian pada ponselnya. Tiba-tiba, pesepeda dari kejauhan melaju sangat kencang. Secara tidak sengaja menabrak Phil.

Ponsel milik Phil terjatuh, dan mengalami kerusakan parah. Hal tersebut memaksa Phil untuk mencari sahabat baru dan mendapatkan ponsel baru. Phil memutuskan untuk menggunakan jasa asisten virtual, yakni Jexi untuk berbagai keperluan. Ia pun memberikan izin pada Jexi untuk mengakses semua informasi yang ada pada ponselnya.

Walaupun Jexi didesain untuk membantu kehidupan Phil, tapi asisten virtual ini sering melakukan tindakan yang diluar batas. Seperti pernah mengirim email kepada Kai, dan meminta Phil agar segera dipromosikan menjadi jurnalis. Tidak sampai disitu saja, tapi Jexi juga pernah memberikan bantuan kepada Phil dengan cara kurang tepat. Untuk kelanjutan kisahnya bagaimana, simak langsung tayangannya di platform streaming online ya.

Mengenal Genre Comedy Film yang Banyak Dicari Orang-orang

Kamu mungkin saja memang sedang mencari film dengan genre komedi, agar tontonannya lebih fresh dan tidak terlalu banyak berpikir.

Film komedi sendiri ternyata dibuat dengan tujuan agar penontonnya bisa tertawa. Pertaruhannya biasanya tidak besar seperti film action atau adventure. Tapi biasanya akan menaruhkan urusan pribadi, antara karakter di dalam film

Genre komedi sendiri sering dikombinasikan dengan beberapa genre lainnya. Seperti dengan genre romantis,  action dan bahkan genre fiksi yang tadi sudah diberikan rekomendasi judul-judul filmnya.

Genre komedi pun terbagi dengan beberapa sub genre comedy. Seperti Slapstick, black comedy hingga romantic comedy yang sebelumnya telah disebutkan. Walaupun humor yang disampaikan pada genre komedi recehan, tapi akan membuat penonton merasa lebih ringan. Tidak banyak berpikir dan tontonannya lebih fresh.

Apalagi jika tontonannya bergenre fiksi ilmiah, yang terkadang membuat penoton harus sedikit berpikir agak banyak. Genre film ini adalah perpaduan antara ilmu pengetahuan dan juga imajinasi. Kamu akan melihat teknologi canggih dan juga perkembangan ilmiah secara berbarengan.

Biasanya akan menggunakan efek visual secara khusus. Beberapa tema umum dalam fiksi ilmiah adalah konsekuensi dari sebuah pengetahuan. Sifat manusia, hingga krises eksistensial. Dan menafsirkan konspirasi berbasis sains.

Genre komedi tidak hanya satu, seperti yang telah disebutkan tadi. Comedy film ini juga memiliki sub genre lain, yang akan melahirkan cerita dan suguhan plot yang berbeda.

Salah satunya dengan jenis sub genre black comedy. Menjadi bentuk komedi yang disajikan secara kompleks, secara materi pun tidak semua orang mampu menerima dan menikmati tayangannya.

Mencoba menampilkan humor melalui materi yang terbilang sangat sensitif, mulai dari agama. Kemudian politik, hingga pembunuhan dan juga seks. Bahkan tidak sedikit dari black comedy ini menimbulkan banyak kontroversi. Polemik dan juga kritik.

Tapi memang yang paling aman dan seru, kamu cukup bisa menyaksikan comedy film fiksi ilmiah yang sudah disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *