Drama Film, Mengenal Unsur, Struktur Dan Beberapa Contohnya

The Machine Movie – Mengenai Drama Film di Indonesia sudah banyak jenis film yang dirilis pada setiap bulannya. Sehingga nonton film drama menjadi satu kegiatan yang banyak digemari di kalangan pecinta film. Jenis film ini memang tidak asing lagi dengan seringkali menghadirkan kisah yang mengharukan dan sering menguras emosi penonton. Bahkan, jenis film ini pun mampu mencuri hati para penonton dengan berbagai alur cerita yang sangat menarik dan bikin penasaran.

Bicara soal film drama di Indonesia, selain menggemari berbagai jenis film asli dari Indonesia yang memang dibintangi para aktris Indonesia, terdapat pula jenis drama menarik lainnya yang juga banyak disukai, salah satunya adalah K-Drama atau Korean Drama yang tentunya tidak pernah ketinggalan. Jenis film satu ini memiliki penggarapan yang sangat apik dan juga didukung dengan jalan cerita yang sangat menarik, didukung dengan aktris dan actor yang sangat kompeten, bahkan tampangnya yang memang selalu bikin penonton betah ini, memang menjadikan drama Korea terus disukai.

Dari berbagai jenis film yang sudah banyak rilis dan juga tayang hingga sekarang ini, apakah kamu tahu apa sebenarnya yang dimaksud dengan drama itu sendiri. Berikut ini akan mengulas mengenai pengertian serta unsur dan struktur di dalam film drama yang mana membuat kita sebagai penonton akan lebih paham untuk setiap film yang rilis nantinya.

Apa Itu Drama Film Dan Bagaimana Unsur Di Dalamnya?

Sebagai pemahaman mendasar, merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, bahwa drama adalah suatu komposisi syair atau prosa yang dapat menggambarkan suatu kehidupan dan watak melalui tingkah laku yaitu dengan berakting dan dengan dialog yang dipentaskan. Istilah drama ini juga diartikan sebagai cerita atau kisah yang melibatkan konflik atau emosi di dalamnya.

Jika mulanya drama ini dipentaskan diatas panggung sebagai kegiatan teater, maka sekarang ini drama sudah menjadi bentuk film yang bahkan dapat ditonton oleh banyak orang. Bahwa Drama Film adalah suatu pembuatan dan penampilan kisah drama yang disiarkan pada suatu layar dengan menuntut kesempurnaan pemainnya dalam mementaskan suatu drama dan biasanya tema yang diangkat dan eksekusinya lebih spektakuler dan menyentuh hati, serta pertunjukannya ini pun umumnya diputar di bioskop.

Mengenai film drama ini pun terdapat dua unsur di dalamnya, yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Bahwa unsur intrinsic ini adalah terdapat pada struktur karya drama itu sendiri, misalnya adalah tema, alur cerita, penokohan, latar dan amanat. Adapun untuk unstur Ekstrinsik adalah unsur pendukung jalannya suatu drama yang berasal dari luar struktur drama itu sendiri.

Seperti Apa Struktur Dari Pembuatan Drama Film

Setiap film drama tentunya memiliki alur cerita yang disebut dengan lakon dan memiliki struktur yang jelas berkaitan satu sama lain dalam membentuk suatu kesatuan yang padu. Mengenai apa saja struktur yang ada pada suatu pembuatan film drama ini, maka terdapat beberapa hal yang merupakan struktur Drama Film terbaru diantaranya adalah:

  • Terdiri dari babak yaitu setiap bagian atau sesi adegan di dalam drama sebagai suatu rangkuman dari semua peristiwa yang terjadi pada urutan waktu tertentu.
  • Adanya adegan, yaitu cara seorang actor atau aktris membawakan tokoh yang diperankannya.
  • Terdapat dialog, yaitu bagian dari naskah drama yang merupakan rangkaian daripada percakapan antara satu tokoh dengan tokoh lainnya.
  • Prolog, yaitu menjadi pengantar naskah yang berisi satu atau beberapa keterangan serta pendapat dari penulis naskah mengenai kisah yang akan ditampilkan.
  • Epilog, yaitu bagian penutup dari suatu drama yang mana di dalamnya berupa kisah balik maupun kesimpulan dari isi drama itu sendiri.

Berikut Jenis-Jenis Drama Film Berdasarkan Penyajian Lakon

Nonton film drama di Indonesia memang seru dan menyenangkan, khususnya bagi para pecinta film drama dan yang hobi nonton. Pastinya, rilisnya berbagai jenis film drama terbaru akan selalu dinantikan tiap bulannya. Untuk keseruan yang bisa dirasakan ini pun tidak pernah membosankan, apalagi ada banyak serial Drama Film yang dapat ditonton dengan mudah dan nyaman selain di televisi juga tentu mudah dengan live streaming.

Berikut ini beberapa jenis film drama berdasarkan panyajian lakon, yang bisa kamu ketahui diataranya yaitu:

Drama Tragedi

Jenis drama ini merupakan suatu kisah atau cerita kesedihan yang mengangkat tema-tema gelap seperti kematian, bencana atapun suatu penderitaan. Umumnya untuk kisah drama ini berakhir tragis dan salah satu contoh drama tragedy ini adalah “Oedipus Rex” yaitu drama karya Sophocles yang kisahnya tentang seseorang yang membunuh ayah kandungnya sendiri dan kemudian menikahi ibu kandungnya sendiri.

Drama Komedi

Jenis yang satu ini tentu banyak disukai penonton dimana sepanjang ceritanya berisi dengan cerita yang penuh kelucuan. Drama ni akan mendramatisir suatu kejadian lucu sehingga membuat penonton tertawa. Umumnya kisah drama ini berujung Bahagia dan salah satu contohnya yang terkenal adalah “Much Ado About Nothing”, yaitu suatu film drama komedi romantic mengenai cinta Hero dan Claudio yang tidak pernah berkomunikasi sama sekali hingga kemudian menikah.

Drama Romantis

Untuk film drama yang satu ini tentu banyak penggemarnya dan salah satu pemasok utama film drama romantic ini adalah Korea Selatan, yang umumnya terkenal dengan Drakor atau drama korea. Jenis kisah yang disuguhkan bertema romantic dengan kisah percintaan dan umumnya berakhr dengan kisah Bahagia. Salah satu contohnya adalah “Crash Landing on You” dengan jalan cerita yang segar didukung oleh actor yang sangat bagus. Yaitu, mengkisahkan seorang tentara Korea Utara dan perempuan kaya dari Korea Selatan yang senang olahraga parasut dan salah mendarat di Korea Utara, yang awalnya saling benci dan menjadi saling suka.

Drama Farce

Jenis drama ini adalah menyerupai dagelan, namun di dalamnya berisi tentang kejadian yang ditanggapai secara berlebihan/overeacts dan juga berisi humor slapstick. Adapun contohnya seperti “The Importance of Being Earnest” sebagai karya dari Oscar Wilde, yang menceritakan kisah pemuda yang menggunakan dua identitas berbeda untuk bisa menemui dua Wanita yang berbeda.

Melodrama

Yaitu merupakan drama yang hampir mirip dengan opera di dalamnya terdiri atas perpaduan antara seni peran dan music yang diucapkan sebagaimaa biasa dan tetap diiringi dengan music. Adapun contohnya seperti “The Heiress” yang diadaptasi dari novel karya Henry James.

Baca Juga : Cara Tepat Memilih Drama Film Yang Tepat Untuk Ditonton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *